Laman

Senin, 14 Juni 2010

Tips Memeriksa, Menyetel dan Merawat Karburator pada Sepeda Motor

Seperti telah kita ketahui dalam postingan sebelumnya tentang karburator, bahwa karburator memiliki peranan yang sangat penting dalam menghasilkan tenaga mesin. Maka perlulah kita melakukan pemeriksaan , penyetelan dan perawatan dari karburator secara berkala. Pemeriksaan , penyetelan dan perawatan karbuarator ini akan menentukan kehematan dari bensin yang digunakan pada sepeda motor.

Adapun langkah - langkah pemeriksaan, penyetelan dan perawatan karbuarator adalah sebagai berikut;

  1. Tutup kran tangki bensin.
  2. Kuras bensin di dalam karburator.
  3. Lepas karburator dari intake manifold(saluran masuk).
  4. Bongkar bagian - bagian karburator.
  5. Periksa komponen - komponen dari karburator sebagai berikut;
  • Apakah baut setelan udara masih baik? Atau sudah aus? Jika baut penyetel udara sudah aus, gantilah baut penyetel udara tersebut. Karena baut udara yang sudah aus akan membuat penyetelan pada putaran stasioner menjadi tidak sempurna atau baik.
  • Periksa apakah jarum pelampung sudah aus atau masih baik? Jika sudah aus , gantilah dengan yang baru! Jarum pelampung yang sudah aus, membuat bensin terus masuk ke dalam ruang pelampung. Hal ini akan membuat mesin menjadi banjir.
  • Apakah pelampung masih baik atau sudah bocor? Jika bocor gantilah dengan yang baru. Adapun pemeriksaan pelampung ini dengan mengocoknya di telinga kita dan mendengarkan apakah ada suara dari pelampung tersebut. Jika ada suara kemericik dari pelampung, berarti pelampung sudah bocor. Pelampung yang bcor akan membuat mesin mejadi banjir, karena bensin teus masuk ke dalam ruang pelampung.
  • Apakah jarum skep sudah aus atau masih baik? Jika jarum skep sudah aus, maka harus diganti. Jarum sekp yang sudah aus akan mempengerahi campuran bensin dan udara yang masuk ke dalam mesin. Terutama kita tidak dapa membuat mesin dalam putaran langsam yang baik, karena cenderung mesin akan berada dalam rpm tinggi terus.
  • Semprot dan periksa semua lubang pada saluran karburator! Apakah ada kotoran yang menyumbat lubang saluran dari karburator tersebut, karena lubang saluran yang tersumbat ini akan membuat bensin susah keluar dari ruang pelampung untuk bercampur dengan udara yang masuk ke dalam mesin. sehingga mesin cenderung majadi boros bensin dan sulit dihidupkan.
  • Semprot pilot jet dan main jet dengan kompresor. Agar Main jet dan pilot jet bersih, dan mampu melakukan prosen pencampuran bensin dan udara dalam campuran yang sempuran dan baik.

6. Pasang kembali kembali semua komponen karburator yang dibongkar. Dan jangan sampai ada yang tertinggal
7. Setel ketinggian pelampung: Penyetelannya adalah dengan membengkokanlidah pelampung ka atas atau ke bawah. Penyetelan pelampung untuk setiap sepeda motor adalah tidak selalu sama, namun kita dapat melakukan penyetelan dengan cara yang hampir mendekati standarnya yaitu sebagai berikut;

  • Balik posisi dari karburator, sehingga unit pelampung berada diatas karburator.
  • Lihat apakah posisi pelampung sejajar dengan garis horisontal. Jika tidak lakukan penyetelan penyetelan dengan membengkokan lidah pelampung.
  • Untuk memriksa kerapatan jarum pelampung. tekanlah pelampung sekedarnya. Kemudian tiup slang masuk ke dalm karburator dan rasakan apakah ada udara yang keluar lewat jarum pelampung. Jika ada terasa keboran udara lewat jarum pelampung, maka gantilah jarum pelampung tersebut.

8. setel posisi ring pada jarum skep. Penyetelan ini disesuaikan dengan kondisi dari sepeda motor anda. Jika posisi ring ditempatkan paling atas, maka campuran bensin dan udara menjadi cenderung kerus. Dan jika campuran bensin dan udara ditempatkan paling bawah, maka campuran akan cenderung gemuk/kaya.

9. Pasang kembali karburator pada intake manifold.Kemudian setel putaran stasioner mesin anda. Caranya ialah:

  • Hidupkan mesin sepeda motor Anda.
  • Kencangkan baut penyetal rpm, sehingga putaran mesin menjadi naik.
  • Kencangkan baut penyetel udara, lalu buka perlahan- lahan. dan perhatikan kenaikan rpm mesin dari suara mesin Anda. Semakin tinggi rpm mesin Anda, maka suara mesin Anda akan semakin keras juga.
  • Putar terus baut penyetel udara sampai anda mendapatkan suara mesin yang paling besar, jika anda ingain campuran bensin yang kaya. Atau sering pula disebut dengan setelan basah. Setel baut bebrapa putara sebelum posisi suara mesin paling keras, jika Anda ingin mendapatkan campuran bensin dan udara yang irit, atau sering disebut juga dengan setel kering. Adapung perbedaan dari setelan basah dan kering adalah pada perbedaan dari keiritan bensin dan akselearas dari sepeda motor tersebut. Jika kita menyetel dengan setelan basah , maka akselerasinya menjadi sangat baik anmun bensin jadi boros. Jika kita menyetel dengan setelan kering , maka akselerasinya akan menjadi kurang, namun bensin menjadi irit.

1 komentar: