Laman

Senin, 14 Juni 2010

Apa itu Karburator ?

Karburator adalah tempat mengabutkan campuran bensin dan udara agar dibakar dalam ruang bakar. Karburator berfungsi mencampur dan mengatur campuran antara bensin dan udara agar mencapai campuran yang sesuai untuk pembakaran mesin. Adapun komponen - komponen karburator terdiri atas;
  1. Pelampung; Pelampung bensin berfungsi untuk mengatur ketinggian bensin dalam karburator. Jika ketinggian bensin dalam karburator berlebihan akan membuat mesion banjir. Kerena itu pelampung dapat disetel. Adapun penyetelannya adalah dengan menekuk ke atas atau ke bawah lidah pada pelampung. Pelampung dapat juga bocor, jika pelampung bocor maka pelampung akan selalu tenggelam dalam bensin. Namun ada juga pelampung yang tidak bisa distel, biasanya lidah pelampung ini terbuat dari plastik. Contoh pelampung yang tak bisa disetel adalah pelampung pada karburator sepeda motor Honda.
  2. Katup Jarum; Pelampung dan katup jarum adalah satu unit kesatuan. Katup jarum berfungsi untuk menutup lubang saluran bensin ke ruang pelampung. Jarum pelampung menutup saluran bensin, karena adanya tekanan dari lidah pelampung. Jarum pelampung yang sudah aus dapat membuat penutupan pada saluran bensin tidak rapat. Sehingga bensin terus bensin mengalir ke dalam ruang pelampung yang menyebabkan bensin menjadi banjir dalam mesin.
  3. Baut penyetel udara; Baut penyetel udara berfungsi untuk menyetel putaran idle (stasioner). Penyetelannya dengan memutar baut ke kiri atau ke kanan. Apabila baut penyetelan sudah aus, maka putaran idle sulit didapatkan karena udara kan mengalir melalui celah - celah yang aus tersebut.
  4. jarum skep; Jarum skep adlah jarum yang terpasang pada skep sepeda motor. Jarum skep ini dapat disetel dengan memindahkan posisi ring dari jarum skep tersebut. Penyetelan jarum skep ini akan menentukan jumlah campuran dari bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar.
  5. Pilot jet dan main jet; Komponen ini berfungsi untuk mencampur bensin dan udara, di mana pilot jet mencampur udara pada putaran rendah dan main jet mencampur udara pada putaran tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar