Laman

Jumat, 02 Juli 2010

Tips pemeriksaan kampas kopling mobil

Saat ini saya akan memberikan tips pemeriksaan kampas kopling mobil . Pemeriksaan ini bertujuan untuk menentukan kampas kopling sudah rusak atau masih baik . Jika kampas kopling sudah rusak maka laju kendaraan tidak akan baik . Bahkan mobil tidak bisa jalan , jika kampas sudah habis . Bila kampas belum habis atau masih dapat digunakan , dapat mengakibatkan borosnya bahan bakar . Mobil tidak dapat melaju dengan baik , karena putaran dari mesin tidak sempurna diteruskan ke transmisi . Atau bisa dikatakan putaran slip (kopling slip ). Untuk lebih jelasnya akan saya berikan secara langsung dalam postingan ini .

Seperti telah saya jelaskan di atas bahwa pemeriksaan ini hanya terbatas pada kampas kopling saja . Pemeriksaannya adalah :
  1. Pemeriksaa kedalaman paku keling : tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui tebal tipisnya kampas kopling . Caranya ialah dengan mengukur kedalaman paku keling dengan caliper dari kampas itu sendiri .
  2. Pemeriksaan dumper spring : memeriksa apakah per yang ada pada plat kopling patah atau dapat diputar dengan tangan , seharusnya per yang ada pada kampas kopling tidak boleh dapat diputar dengan tangan . Jika menujukkan gejala demikian , berarti kampas kopling sudah harus diganti , karena kampas kopling sudah tidak dapat meredam kejutan lagi .
  3. Pemeriksaan keolengan kampas kopling : pada tahap ini kita membutuhkan alat yang bernama dial indicator dan juga sebuah mesin bubut untuk memasang kampas kopling dan memutarkannya . Keolengan kampas kopling tidak boleh besar , karena akan mengakibatkan kampas kopling susah memutuskan putaran pada saat pedal kopling diinjak .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar