Seperti telah saya jelaskan di atas bahwa pemeriksaan ini hanya terbatas pada kampas kopling saja . Pemeriksaannya adalah :
- Pemeriksaa kedalaman paku keling : tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui tebal tipisnya kampas kopling . Caranya ialah dengan mengukur kedalaman paku keling dengan caliper dari kampas itu sendiri .
- Pemeriksaan dumper spring : memeriksa apakah per yang ada pada plat kopling patah atau dapat diputar dengan tangan , seharusnya per yang ada pada kampas kopling tidak boleh dapat diputar dengan tangan . Jika menujukkan gejala demikian , berarti kampas kopling sudah harus diganti , karena kampas kopling sudah tidak dapat meredam kejutan lagi .
- Pemeriksaan keolengan kampas kopling : pada tahap ini kita membutuhkan alat yang bernama dial indicator dan juga sebuah mesin bubut untuk memasang kampas kopling dan memutarkannya . Keolengan kampas kopling tidak boleh besar , karena akan mengakibatkan kampas kopling susah memutuskan putaran pada saat pedal kopling diinjak .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar